CONTOH SURAT LAMARAN KERJA PADA PERUSAHAAN SWASTA INDONESIA

Untuk memasuki dunia kerja diperlukan pendidikan dan keahlian khusus agar mudah mendapatkan pekerjaan yang diinginkan. Untuk melamar pekerjaan, “pelamar” kerja harus membuat “surat lamaran kerja” yang baik, benar dan menarik agar mendapat perhatian perusahaan yang mempunyai lowongan kerja.

Membuat surat lamaran kerja sebenarnya mudah saja asal kita mengetahui struktur penulisan surat (lamaran kerja). Disarankan untuk menggunakan bahasa yang sederhana, baik dan benar, tidak berbelit belit agar tidak membingungkan dan menjengkelkan bagi yang membacanya.

Struktur Penulisan Surat Lamaran Kerja Adalah Sebagai Berikut:

1. Kepala Surat
a. Lokasi dan waktu pembuatan surat
b. Nomor surat
c. Perihal (Isi Surat)
d. Lampiran
e. Tujuan kepada siapa membuat surat (Nama /Jabatan, Perusahaan, alamat)

2. Pendahuluan
a. Salam
b. Data diri Pelamar
c. Latar belakang

3. Isi Surat
a. Maksud dan tujuan melamar
b. Kompetensi (lampiran ijazah dll) pelamar

4. Penutup
a. Kesimpulan (harapan diterima)
b. Ucapan rasa terima kasih
c. Ucapan rasa hormat (tanda tangan nama terang pelamar)


***************************************************
Contoh Surat Lamaran Kerja (1)
***************************************************

Jakarta, 26 Agustus 2015

No                   : -
Lampiran         : 4 berkas
Perihal             : Lamaran Kerja

Kepada Yth:
Pimpinan
PT. Bumi Adil Sejahtera
Di –
Jakarta

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama                          : Rahmat Basuki Indira
Alamat                         : Jl. Rawa Legok No 12 Cempaka Bengkok Jakarta Pusat
Telepon /HP                : 08123444555666
Tempat /tanggal lahir  : Boyolali, 26 Agustus 1990
Jenis kelamin              : Laki laki
Agama                                    : Islam
Pendidikan terakhir     : S1 Teknik Kimia

Dengan ini saya mengajukan permohonan kerja pada perusahaan yang bapak /ibu pimpin, sebagai bahan pertimbangan saya lampirkan:

1. Foto Copy Ijazah terakhir (1 lembar)
2. Daftar Riwayat Hidup (1 lembar)
3. Foto Copy KTP (1 lembar)
4. Foto ukuran 4 x 6 (2 lembar)
   
Demikian surat permohonan ini saya buat, besar harapan saya agar dikabulkan. Atas perhatian dan diterima permohonan saya diucapkan terima kasih.

Hormat saya,


Rahmat Basuki Indira


***************************************************
Contoh Surat Lamaran kerja (2)
***************************************************

Jakarta, 26 Agustus 2015

No                   : -
Lampiran         : 4 berkas
Perihal             : Lamaran Kerja

Kepada Yth:
Pimpinan
PT. Bumi Pertiwi Sejahtera
Di –
Jakarta

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama                          : Rian Wibisono
Alamat                         : Jl. Kayu Tinggi No 12 Cempaka Putih Jakarta Pusat
Tempat /tanggal lahir  : Bekasi, 26 Agustus 1990
Telepon /Hp                : 0812345666777888
Jenis kelamin              : Laki laki
Agama                                    : Islam
Pendidikan terakhir     : S1 Teknik Mesin

Menurut informasi yang saya terima saat ini PT Bumi Pertiwi Sejahtera membutuhkan karyawan baru, oleh karena itu perkenakanlah saya mengajukan permohonan kerja pada perusahaan yang bapak /ibu pimpin. Sebagai bahan pertimbangan saya lampirkan:

1. Foto Copy Ijazah terakhir (1 lembar)
2. Daftar Riwayat Hidup (1 lembar)
3. Foto Copy KTP (1 lembar)
4. Foto ukuran 4 x 6 (2 lembar)
   
Demikian surat permohonan ini saya buat, besar harapan saya agar dikabulkan. Atas perhatian dan diterima permohonan saya diucapkan terima kasih.

Hormat saya,


Rian Wibisono

***************************************************
Contoh Surat Lamaran Kerja (3)
***************************************************

Jakarta, 26 Agustus 2015

No                   : -
Lampiran         : 4 berkas
Perihal             : Lamaran Kerja

Kepada Yth:

Pimpinan
PT. Bumi Sejahtera Abadi

Di –
Jakarta

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama                          : Iskandar Rahmadi
Tempat & Tgl. Lahir    : Jakarta, 26 Agustus 1990
Pendidikan Terakhir    : Profesi (Dokter Hewan)
Jenis Kelamin             : Laki laki
Agama                        : Islam
Alamat                         : Jl. Utan Kayu Manis No. 333 Jakarta Timur
No. Telp / HP              : 08123444555666777
Status                          : Belum Menikah


Sesuai Iklan lowongan kerja dari PT. Bumi Sejahtera Abadi yang dimuat di harian Kromnas pada tanggal 16 Agustus 2015, dengan ini saya mengajukan lamaran kerja untuk posisi tersebut. Sebagai bahan pertimbangan saya lampirkan:

1. Foto Copy Ijazah terakhir (1 lembar)
2. Daftar Riwayat Hidup (1 lembar)
3. Foto Copy KTP (1 lembar)
4. Foto ukuran 4 x 6 (2 lembar)

Besar harapan saya, untuk dapat diterima dan bergabung bersama dengan perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Atas kebijakannya diucapkan terimakasih.

Hormat saya,


Iskandar Rahmadi

***************************************************

Betapa mudahnya membuat surat lamaran kerja, yang tidak mudah adalah diterima bekerja disuatu perusahaan yang kita inginkan. Untuk bisa diterima bekerja memerlukan banyak hal lain yang diperlukan selain sebuah surat lamaran kerja. Seperti kompetensi pendidikan, kompetensi kerja, mental, bakat, fisik (untuk pekerjaan tertentu), sifat, sopan santun dan lain lain yang diperlukan untuk mendukung sifat pekerjaan atau posisi pekerjaan yang kita lamar.

Selamat berjuang semoga Allah selalu meridhai niat baik kita. Sukses, sukses, sukses. Amin…

Referensi:
Tony Febryanto, 2015. “Contoh Surat Lamaran Kerja dan CV Terbaru dan Terbaik” Copyright 2015 tonfeb. Designed by Mas Sugeng. Website: http://www.tonfeb.com/2014/12/contoh-surat-lamaran-kerja-cv-terbaru-terbaik.html

123editit.com, 2015. “Contoh Surat Lamaran Pekerjaan yang Baik dan Benar Terbaru 2015” 123editit - Blog untuk semua. Website: http://123editit.com/contoh-surat-lamaran-pekerjaan-yang-baik-dan-benar-terbaru-2015/

Duniainternet, 2015. “Contoh Surat Lamaran Kerja Terbaru”. Dunia Internet. Media informasi online terkini. Website: http://www.duniainter.net/contoh-surat-lamaran-kerja/
Contoh Surat Lamaran Kerja 1

***Penulis: Drh Giyono Trisnadi -

Tidak ada komentar:

PENTING UNTUK PETERNAKAN: