CONTOH LAPORAN PERJALANAN DINAS UNTUK MENGIKUTI PENDIDIKAN / PENYULUHAN / SOSIALISASI PEGAWAI NEGERI SIPIL KEMENTERIAN

Dalam menjalankan tugas pegawai harus melaksanakannya dengan profesional dan bertanggung jawab pada atasan yang telah meberi tugas. Bentuk dari tanggung jawab antara lain melaksanakan tugas sesuai dengan perintah (tugas pokok dan fungsi) dengan baik dan membuat laporan (tertulis) setelah selesai menjalankan tugas.

Dalam hal pelaksanaan tugas dengan surat perintah perjalanan dinas (SPPD) harus dilaksanakan dengan asas manfaat disertai bukti bukti pelaksanaan dalam laporan, dan pelaporan harus lakukan dengan segera.

Sistematika atau kerangka laporan perjalanan dinas adalah sebagai berikut:

1. Bagian awal / pembukaan atau pendahuluan:

  • Dasar Pelaksanaan;
  • Tujuan;
  • Materi Kegiatan;
  • Tempat dan Waktu

2. Batang Tubuh:

  • Hasil Kegiatan.

3. Penutup:

  • Kesimpulan dan Salam penutup.


********************************************************************
Contoh Laporan Perjalanan Dinas Mengikuti Penyuluhan
********************************************************************




LAPORAN PERJALANAN DINAS
MENGIKUTI PENYULUHAN KESEHATAN DAN
KESELAMATAN KERJA PELAYARAN


A. DASAR PELAKSANAAN

a. Surat Kepala Kantor Kesyahbandaran Dan Otoritas Pelabuhan Kelas III Palang*** Nomor: UM.003/Z/8/KSOP.TLD-2015, tanggal 22 Agustus 2015 Perihal Surat Pengantar; Surat Kepala Balai Kesehatan Kerja Palang*** Nomor: KK.001/4/12/KKP.15 tanggal 17 Agustus 2015 Perihal: Pemberitahuan Penyuluhan Kesehatan Dan Keselamatan Kerja Pelayaran.

b. Surat Perintah Tugas dari Kepala Balai Ka***** Pal**** No. 1239/TU.220/L.24.B/8/2015, tanggal 22  Agustus 2015 untuk mengikuti Penyuluhan Kesehatan Dan Keselamatan Kerja Pelayaran.

B. T U J U A N

Mengikuti Penyuluhan Kesehatan Dan Keselamatan Kerja Pelayaran. 

C. MATERI KEGIATAN

Profil Balai Kesehatan Kerja Pelayaran; Kesehatan dan Keselamatak Kerja (K3) Pelayaran; Penyakit Menular Seksual (PMS); Penyakit Diabetes; Penyakit Gigi dan Mulut.

D. TEMPAT DAN WAKTU PELAKSANAAN

a. Tempat pelaksanaan di Royal Garden Resort, dengan alamat Jl. In Marsda Surya Darma No. 9 Pal******.

b. Hari /Tanggal, Senin 24 Agustus 2015.

E. HASIL PELAKSANAAN

Pembelajaran Profil Balai Kesehatan Kerja Pelayaran; Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) Pelayaran; Penyakit Menular Seksual (PMS); Penyakit Diabetes; Penyakit Gigi dan Mulut (Sertifikat terlampir).

F. P E N U T U P

Demikian Laporan Perjalanan Dinas dalam rangka mengikuti Mengikuti Penyuluhan Kesehatan Dan Keselamatan Kerja Pelayaran di Royal Garden Resort, dengan alamat Jl. In Marsda Surya Darma No. 9 Pal****** tanggal 24 Agustus 2015 telah saya laksanakan, untuk dapat dipergunakan sebagaimana mestinya


Pal******, 26 Agustus 2015
Pelaksana,



Tunggul Ametung Tunggorono
NIP. 19730416 200803 1 001


***********************************************************************

Sesuai dengan prinsip PNS berdasarkan landasan profesionalismenya yaitu: nilai dasar;  kode etik dan kode perilaku; komitmen, integritas moral, dan tanggung jawab pada pelayanan publik; kompetensi yang diperlukan sesuai dengan bidang tugas; kualifikasi akademik; jaminan perlindungan hukum dalam melaksanakan tugas; dan profesionalitas  jabatan. Maka semua kegiatan atau tugas harus bisa dipertanggung jawabkan kepada atasan, masyarakat dan pada Tuhan (Nantinya).

*** Penulis drh: Giyono Trisnadi

PENTING UNTUK PETERNAKAN: