KAMBING ETAWA, PERANAKAN ETAWA (PE) DAN KAMBING KALIGESING


Susu kambing makin diminati banyak orang karena dipercaya memiliki efek yang baik untuk kesehatan kita. Susu ini diambil dari Kambing Peranakan Etawa merupakan Jenis kambing yang bisa  diperah susunya di samping itu pertumbuhan tubuhnya juga lebih cepat, oleh karena itu kambing ini kini diminati untuk diternakkan di berbagai daerah di Indonesia


1. KAMBING ETAWA (JAMNAPARI)

Nama ini berasal dari lokasi berkembang biaknya di sungai Jamna (Jamna Par) di Uttar Pradesh. Kambing ini memiliki bentuk hidung yang khas, bahkan lebih seperti paruh burung nuri, galur ini dikenal memiliki pertumbuhan tubuh dan produksi susu yang baik.

Penyebaran: distrik Agra, Mathura dan Etawa di Uttar Pradesh, dan distrik Bhind, Morena di Madhya Pradesh. Namun galur murni hanya ditemukan di sekitar 80 desa di sekitar Batpura dan Chakar Nagar di distrik Etawa.

Jamnapari adalah salah satu kambing terbesar di India; telah digunakan secara luas untuk meningkatkan galur asli untuk produksi daging dan susu di India, dan telah dikembangkan di negara lain untuk tujuan yang sama.


Gambar Kambing Etawa

Karakteristik: Berat badan maksimal: - jantan 125 kg & - betina 90 kg, biasanya berat badan jantan dewasa 44-45 kg and betina dewasa 35-38 kg;  Panjang tubuh: - jantan 77,37 & - betina 75,15. Hewan besar dengan warna bervariasi, karakter khas dari trah ini adalah garis hidung yang sangat cembung, seperti burung beo. Telinganya sangat panjang, datar dan melorot; panjang telinga: 26,79 cm. Jantan betina bertanduk; panjang tanduk: 8,69 cm. Ekor tipis dan pendek. Pertumbuhan rambut yang tebal di pantat, yang dikenal sebagai bulu, mengaburkan ambing ketika diamati dari belakang. Ambing ini berkembang dengan baik, bulat, dengan puting besar yang berbentuk kerucut.

Reproduksi: beranak pertama umur 737 hari, interval beranak 229, persentase jumlah anak anak tunggal 56.2 %, anak kembar 43.1 %, anak tiga 0.7 %, lama menyusui 191 hari, produksi susu 1 – 2 liter per hari atau setara dengan 205 liter selama satu periode laktasi (sumber: 1. Gary Pfalzbot, the Goats in India web site or email Capra@iespana.es; dan 2. Danish Anwar -October 14, 2015 Jamunapari – All About Jamunapari Goat Breed, https: //www.expert -market.com /jamunapari –all –about –jamunapari –goat -breed/)


2. KAMBING PERANAKAN ETAWAH

Kambing Peranakan Etawa(h) (PE) adalah hasil pengembangbiakan kambing etawa atau jamnapari dari India yang telah diternakkan secara turun temurun di Indonesia sehingga merupakan Rumpun Kambing Lokal Indonesia karena mempunyai keseragaman bentuk fisik yang khas dibandingkan dengan kambing asli (Etawa) dan kambing lokal lainnya.


Gambar Kambing Peranakan Etawa

Deskripsi Kambing Peranakan Etawah  Sesuai dengan Keputusan Menteri Pertanian nomor  695/Kpts/PD.410/2/2013 kambing Peranakan Etawah (PE) adalah sebagai berikut:

Sifat kualitatif: a. Warna bulu: kombinasi putih, hitam, dan cokelat; b. Bentuk: 1) Kepala: profil muka cembung; 2) Telinga: panjang dan terkulai; 3) Tanduk: melengkung ke belakang; 4) Bulu jenggot: - jantan: panjang, - betina: tidak berjenggot; 5) Punggung: lurus, beberapa agak melengkung, dan semakin ke belakang semakin tinggi sampai pinggul; 6) Bulu tubuh: bagian  leher  dan  pinggul  lebih panjang, dan pada jantan bulu lebih panjang mengurai; 7) Ekor: pendek; c. Sifat keindukan: baik.

Sifat kuantitatif: a. Ukuran tubuh: 1) Tinggi pundak: - jantan: 87 ± 5 cm. - betina: 75 ± 5 cm; 2) Panjang badan: - jantan: 63 ± 5 cm. - betina: 60 ± 5 cm; 3) Lingkar dada: - jantan: 89 ± 5 cm. - betina: 81 ± 7 cm; 4) Panjang telinga: - jantan: 30 ± 4 cm. - betina: 27 ± 3 cm; 5) Panjang bulu: - jantan: 23 ± 5 cm. - betina: 23 ± 5 cm; 6) Bobot badan: - jantan: 54 ± 5 kg. - betina: 41 ± 7 kg; b. Produksi susu: 1-3 liter /hari; c. Umur dewasa kelamin: 18 ± 5 bulan; d. Umur beranak pertama : 18 ± 0,4 bulan; e. Lama bunting : 5 ± 0,3 bulan; f. Lama berahi : 18 ± 6 jam; g. Berahi setelah beranak: 63 ± 6 hari; h. Jumlah anak sekelahiran: 1-2 ekor.           



Kambing Kaligesing adalah kambing Perakan Etawa (PE) yang telah dikembangkan di Kecamatan Kaligesing, kabupaten Purworejo, provinsi Jawa Tengah, kambing ini mempunya ciri khas  dan karakter khusus yang tidak dimiliki oleh kambing dari galur lain dan mempunyai keunggulan dalam daya adaptasi, daya produksi dan reproduksi yang tinggi,  sehingga berbeda dari kambing lokal lainnya. Oleh karena itu kambing ini ditetapkan sebagai kambing galur tersendiri yaitu Kambing Kaligesing.


 Gambar Kambing Kaligesing

Kambing ras Kaligesing sesuai dengan keputusan Menteri Pertanian Nomor 2591/Kpts/PD.400/7/2010 adalah sebagai berikut:

Karakteristik Kambing Kaligesing: a. Postur tubuh: besar, tegap dan kokoh; b. Warna bulu: kombinasi putih-hitam atau putih-coklat; c. Kepala: tegak, profil melengkung /muka cembung; d. Tanduk: kecil melengkung mengarah ke belakang; e. Telinga: lebar, panjang, menggantung dan ujungnya melipat; f. Ekor: pendek dan mengarah ke atas /ke belakang.
g. Kaki belakang: berbulu lebat dan panjang (gembol).

Sifat Kuantitatif kambing Kaligesing: a. kesuburan induk: 74 – 75%; b. angka kelahiran: 40 – 85%; c. persentase karkas: 40 – 53%; d. kadar lemak daging:    2 – 7%; e.  kemampuan hidup hingga dewasa: 80 – 82%; f. produksi susu: 0,5 – 3,0 liter /hari.

Sifat Kualitatif: a.  kemampuan menghasilkan anak lebih dari satu: baik; b.  daya adaptasi terhadap lingkungan: baik; c.  daya adaptasi terhadap cekaman panas: baik; d. kemampuan mencerna pakan berserat tinggi: baik

Sifat Reproduksi: a. umur berahi pertama: 294 – 304 hari; b. lama bunting: 149 – 154 hari; c.  umur beranak pertama: 348 – 443 hari; d. jarak beranak (Kidding Interval): 221 – 253 hari; e. jumlah anak sekelahiran (litter size): 1,20 – 1,50; f. angka kebuntingan: 81 – 91%.

Penulis: drh Giyono Trisnadi (Sumber: 1. Anonymous. kepmentan no. 2591/Kpts /PD.400 /7/2010. Kambing Kaligesing; 2. Anonymous. Kepmentan no. 695/Kpts /PD.410 /2/2013. Kambing Peranakan Etawah; 3. Gary Pfalzbot, the Goats in India web site or email Capra@iespana.es; dan 4. Danish Anwar -October 14, 2015 Jamunapari – All About Jamunapari Goat Breed, https: //www.expert -market.com /jamunapari –all –about –jamunapari –goat -breed/).

******

Tidak ada komentar:

PENTING UNTUK PETERNAKAN: